BERIKUT PENJELASAN MENGAPA JANGAN MINUM OBAT DENGAN TEH MANIS

Umumnya obat memiliki rasa yang pahit yang membuat orang pasti selalu merasa sangat malas untuk meminumnya. Namun kebanyakan orang melakukan beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit yang ketika mengkonsumsi obat tersebut. Sebagian orang melakukan cara dengan cara menggantikan air putih dengan teh manis. Jika kita meminum obat dengan teh memang bisa membantu dalam menyamarkan rasa pahitnya dari obat yang kalian konsumsi, namun hal ini sangat tidak untuk di anjurkan.

Teh merupakan salah satu teh yang mengandung senyawa kafein, namun kandungan kaferin pada teh ini tidak sebanyak dengan kandungan kafein pada kopi. Maka dari itu jika kalain mengkonsumsi obat dengan teh maka bisa menimbulkan interaksi pada obat. Pada pencernaan, senyawa kafein yang terkandung pada teh ini akan memberikan dengan zat kimia sehingga obat yang di konsumsi akan sulit untuk di cerna. Efek yang akan terjadi antara interaksi obat dengan kafein tersebut yang nantinya bisa menghambat efektivitas kerja obat yang ada di dalam tubuh dan juga meningkatkan resiko terjadinya efek samping dari obat tersebut.

Selain itu juga pada kafein juga bisa menimbulkan efek samping seperti munculnya rasa gugup dan gelisah serta sakit perut yang rasanya ingin muntah dan mual. Akibatnya obat yang sudah di minum menjadi tidak efektif dan bekerja dengan baik. Jadi di sarankan untuk memberi jeda selama 3-4 jam dahulu setelah kalian meminum kafein jika kalian ingin mengkonsumsi obat.

Berikut beberapa jenis obat yang tidak boleh di minum bersamaan dengan teh seperti jenis obat :
1. Obat penurun tekanan darah
2. Obat pengencer darah
3. Obat antibiotik
4. Obat depresi
5. Pil kontrasepsi
6. Ephedrine (efedrin)
7. Phenylpropanolamine

Selain minuman yang tidak di anjurkan bersamaan dengan mengkonsumsi obat, ada juga beberapa jenis minuman yang juga tidak boleh di konsumsi bersamaan dengan obat seperti :
1. Susu
2. Susu kedelai
3. Jus jeruk bali merah
4. Minuman bersoda

Meskipun teh juga sudah di percaya memiliki banyak manfaat, namun jika teh di minum bersamaan dengan obat sebenarnya sangat tidak untuk di sarankan, tidak hanya teh saja begitu juga dengan beberapa jenis minuman seperti yang di jelaskan di atas. Jika kalian ingin mengkonsumsi sebaiknya selalu sediakan air putih agar efek dari obat dapat bekerja dengan baik. Jika kondisi anda mengalami efek samping atau mengalami kondisi batuk yang berbahaya setelah anda mengkonsumsi teh dengan obat sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *