BAGAIMANA CARA MENGETAHUI CIRI-CIRI IKAN YANG LAYAK UNTUK DI KONSUMSI DAN SEGAR

Ikan ialah salah satu makanan yang bisa dikatakan yang paling banyak disukai oleh banyak orang, tidak hanya enak di makan namun ikan juga sangat mudah dalam cara pengolahannya menjadi berbagai jenis hidangan. Selain itu juga ikan merupakan salah satu sumber protein yang menyehatkan bagi tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan ini bisa menjadi tidak optimal lagi jika anda mengkonsumsinya dengan memilih ikan yang tidak segar. Maka dari itu untuk mendapatkan khasiat dari ikan ini anda juga harus perlu mengetahui beberapa ciri-ciri ikan yang segar dan layak untuk di konsumsi saat anda membelinya di swalayan atau di pasar tradisional.

Ikan yang segar ini tentunya sangat layak untuk di konsumsi dan juga menyimpan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sementara untuk ikan yang tidak segar tentunya akan menjadi tempat berkembangnya berbagai macam bakteri di dalam tubuh jika kita salah memilihnya jenis ikan yang tidak segar lagi. Munculnya bakteri di dalam tubuh bisa menyebabkan resiko mengkontaminasi makanan yang bisa menimbulkan gangguan pada kesehatan sampai keracunan makanan.

Berikut ciri-ciri memilih ikan segar seperti :
1. Mata ikan
Salah satu jika ingin memilih ikan segar hal yang paling mudah anda bisa melihat kondisi matanya, mata ikan yang segar tentunya akan terlihat sangat cerah, segar dan jernih pada permukaan mata ikan juga akan terasa kenyal saat di raba dan menonjol.

2. Warna ikan
Untuk beberapa jenis ikan tentunya memiliki warna daging yang terang dan tentunya juga ada yang memiliki warna daging yang berbeda, namum anda juga harus pastikan jenis ikan yang anda pilih apakah umumnya memiliki warna yang cerah atau tidak.

3. Daging ikan
Umumnya ikan yang segar memiliki tekstur yang sangat lembut dan cukup kencang dan kenyal, seluruh daging ikan juga terlihat menempel kuat pada tulang.

4. Insang ikan
Ciri-ciri memilih ikan segar juga bisa di lihat dari insangnya, anda bisa memeriksanya dengan cara mengangkat penutup insang yang ada di bagian sisi kepala ikan. Jika insang berwarna merah itu dan memiliki tekstur yang basah itu artinya ikan masih dalam keadaan segar, insang yang semakin berwarna semakin bagus pula kualitas pada ikan tersebut.

5. Bau
Ikan segar tentunya memiliki bau khas yang ringan dan segar, bau ikan yang segar tidak terasa aneh atau mengganggu indra penciuman anda. Sedangkan untuk ikan yang tidak segar tentunya sangat mengganggu penciuman karena memiliki bau yang amis dan menyengat.

Untuk mengetahui cara memilih ikan yang segar itu sangat penting, gunanya untuk mengurangi resiko terkontaminasinya makanan dan terjadinya gangguan kesehatan anda. Jika anda sudah memilih ikan yang segar anda juga bisa mengolahnya dengan benar juga sehingga anda bisa menikmatinya dengan baik serta juga mendapatkan khasiat dari ikan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *